tutup iklan
bahasa innndnesia smk

Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian I

Jumat, 13 Oktober 2017
Pict By : osbornetraining.org
Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian I (elinbi.blogspot.com) - Ujian Nasional (UN) merupakan ujian yang menentukan tingkat keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan. Namun, Ujian Nasional (UN)  momok bagi sebagian besar siswa kelas. Begitu juga bagi siswa kelas XII SMK. Untuk tahun pelajaran 2017/2018, kabarnya UN akan dimajukan. Hal ini tentu saja akan menabah ketakutan siswa. Tidak hanya siswa, guru pun akan ikut cemas dengan nilai UN siswa.

Sama dengan tahun 2017, tahun 2018 ini mata pelajaran UN SMK masih sama, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata pelajaran produktif. Siswa kelas XII SMK ini juga akan tetap menghadapi USBN dan USEK.  Ujian-ujian akhir inilah yang menakutkan para siswa.

Sebenarnya ketakutan-ketakutan tersebut dapat ditepis dengan banyak mengulang pelajaran dan banyak mengerjakan latihan soal. Siswa dan guru juga butuh membedah kisi-kisi (SKL) yang sudah ditentukan Dinas Pendidikan. Untuk mata pelajaran bahasa Indonesia SMK Kisi-kisi UN 2018 sudah diberikan oleh Dinas Pendidikan. Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia SMK 2018 silakan klik di sini.

Mata ujian bahasa Indonesia sering dikeluhkan siswa sebagai mata pelajaran yang cukup sulit. Walaupun ada beberapa orang yang menyepelekannya. Banyaknya wacana dan panjangnya soal bahasa Indonesia menjadikan soal bahasa Indonesia terkesan sulit dipahami. Padahal jika dilatih dengan soal-soal akan terasa mudah.

Untuk membantu siswa dan guru meraih nilai yang bagus dalam UN, dibutuhkan usaha yang serius. Salah satunya dengan membedah kisi-kisi (SKL) UN bahasa Indonesia SMK tahun2018. Untuk itu, saya akan membagikan bedah kisi-kisi (SKL) UN bahasa Indonesia SMK 2018. Bedah kisi-kisi ini juga disertai dengan contoh soal UN yang bisa dijadikan latihan. Bedah kisi-kisi UN bahasa Indonesia SMK 2018 ini akan dibagi menjadi 3 (tiga) bagian. Berikut Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian I :

MEMBACA NONSASTRA

A. Memaknai Kata/Istilah

Kesalahan penggunaan kata-kata atau istilah akan penimbulkan penafsiran yang berbeda. Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata bermakna konotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna.
Istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, keadaan, atau sufat di bidang tertentu. Istilah ada yang berupa kata , ada pula yang berupa idiom atau ungkapan.
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna leksikal. Makna leksikal adalah makna yang sesuai dengan kamus bahasa Indonesia.
Untuk memaknai istilah atau memberi makna pada istilah berkaitan dengan kata , kalimat, dan paragraf.Istilah yang dimaksud harus berkaitan dengan konteksnya atau penggunaaan kalimatnya.  

Berikut contoh soalnya

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Minat investor asing yang tinggi ke negara berkembang bisa dilihat dari transaksi yang terjadi di pasar modal. Dalam tiga tahun terakhir, arus modal asing ke pasar saham dan pasar uang di negara berkembang sangat besar.

Makna istilah investor pada paragraf di atas adalah...
a. Nasabah
b. Pengusaha
c. Penanam modal
d. Penguasa
e. Pemilik uang

Bacalah paragraf berikut!
Pulau Siberut memiliki panorama sangat memesona. Pulau Siberut yang berada di Kepulauan Mentawai ini menjadi destinasi wisata terbaik yang ada di gugusan kepulauan tersebut. Keindahannya jarang dijumpai di tempat-tempat wisata lain.

Makna istilah yang dicetak miring dalam paragraf tersebut adalah.....
a. berkunjung
b. menarik
c. tujuan
d. alternatif
e. unik

Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
Pendidikan nasional harus bisa membangun manusia yang berjiwa kreatif, inovatif, sportif, dan wirausaha. Perlu penyelelarasan pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Tantangan yang harus segera terjawab adalah menerapkan standar pendidikan nasional tanpa pilah-pilah.Reformasi pendidikan di Indonesia perlu juga meneropong hal-hal yang substansial, yakni peserta didik sebagai subyek. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, guru harus meningkatkan kualitas, dedikasi dan komitmennya.

Makna istilah  yang tercetak miring secara berurutan di atas adalah…
a. persembahan,melancarkan kegiatan
b. pengabdian, perjanjian
c. pengabdian, persetujuan
d. pengorbanan, tanggung    jawab
e. pengabdian, tanggung jawab


B. Menemukan Gagasan Utama/Gagasan Pokok/Ide Pokok

Gagasan pokok atau ide pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf. Gagasan pokok dapat mudah ditemukan dengan menjawab pertanyaan "Paragraf tersebut membahas mengenai apa?". Jawaban pertanyaan tersebut merupakan gagasan pokok/gagasan utama/ide pokok.

Gagasan utama atau ide pokok paragraf adalah ringkasan dari kalimat utama. Gagasan utama bersifat luas/umum dan masih membutuhkan penjelasan.
Langkah-langkah mencari gagasan utama adalah:
a. Fokuskan perhatian kita pada kalimat nomor 1 dan 5.
b. Bandingkan kalimat 1 dan 5 untuk menentukan Kalimat utamanya (nomor 1 atau nomor 5).
c. Setelah kalimat utamanya ditemukan, maka cari kata-kata kunci dari kalimat tersebut, sehingga ide pokok paragrafnya ditemukan.

Jenis penalaran paragraf
Paragraf Deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
Pargraf seperti ini diawali dengan penyajian hal yg umum disertai,dijelaskan dan diakhiri oleh hal atau sikap yang berlaku khusus. Berbentuk piramida terbalik.
Paragraf Induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.
Paragraf seperti ini diawali dengan hal yg bersifat khusus berupa penjelasan-penjelasan spesifik atau pemberian contoh-contoh dan diakhiri dengan kesimpulan umum yang merupakan inti wacana (gagasan utama). Berbentuk piramida.
Paragraf Induktif terdiri atas:

  1. Paragraf generalisasi: diawali dengan penjelasan2 khusus dan diakhiri dgn kesimpulan umum
  2. Paragraf sebab akibat: ada hubungan sebab akibat atau akibat sebab.
  3. Paragraf analogi: diawali dengan penjelasan2 yang membandingkan suatu hal atau objek dan diakhiri dengan kesimpulan umum.


Kalimat penjelas adalah pernyataan khusus, perincian atau bagian-bagian yang menunjang / menjelaskan kalimat utama. Sebagai tambahan, berikut ciri-ciri dari kalimat penjelas:

  1. Uraian-uraian kecil
  2. Contoh-contoh
  3. Peristiwa ilustrasi
  4. Kutipan-kutipan


Berikut contoh soalnya:

•  Cermatilah paragraf berikut!
Bila Anda gemar melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat, berikut ini merupakan cara untuk mendapatkan kenyamanan. Untuk dapat lebih memeroleh kenyamanan, biasakan datang lebih awal, saat memilih tiket pilihan tempat duduk di belakang atau tengah. Hal lain, pilah barang bawaan menjadi dua bagian untuk di kabin dan untuk masuk bagasi. Dalam penerbangan, pakailah sepatu yang mudah dilepas dan siapkan bacaan.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
a. Cara melakukan penerbangan yang praktis.
b. Strategi dalam melakukan penerbangan.
c. Cara memeroleh kenyamanan dalam penerbangan.
d. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam penerbangan.
e. Kiat-kiat melakukan penerbangan jauh.



C. Menyimpulkan Isi tersirat Teks Nonsastra ( tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)


Sebuah paragraf atau bacaan ditulis dengan maksud tertentu. Penulis menyampaikan pandangan atas suatu masalah melalui tulisan. Masalah atau peristiwa yang terdapat dalam teks dapt diketahui sebab dan akibatnya jika dibaca dengan cermat.

Berikut contoh soalnya:

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Akhir-akhir ini jumlah penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta mengalami kenaikan yang sangat signifikan. (2) Kenaikan jumlah penduduk ini merupakan dampak fenomena sosial yang terjadi belakangan ini, yaitu urbanisasi. (3) Fenomena inilah yang menyebabkan laju pertumbuhan penduduk yang tidah terbendung sehingga timbul beberapa permasalahan di kota besar. (4) Mengapa hal ini sampai terjadi? (5) Banyak faktor yang mendorong timbulnya fenomena ini.

Kalimat yang di dalamnya terkandung hubungan sebab akibat dalam paragraph tersebut terdapat pada nomor…\
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5


* Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut!
Pemanasan global dapat terjadi di mana saja. Diawali dengan radiasi dan berlanjut pada berbagai akibat yang ditimbulkan. Sinar matahari seperti infrared, datang ke bumi. Hanya 30% yang terserap, sisanya dipantulkan kembali ke luar angkasa. Radiasi kemudian akan terperangkap dan menaikkan suhu udara. Di sinilah terjadi pemanasan global.

Isi kutipan teks di atas adalah….
a. Semakin panasnya bumi
b. Faktor penyebab pemanasan global
c. Upaya pencegahan pemanasan global
d. Akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global
e. Proses terjadinya pemanasan global


D. Menemukan Inti Kalimat.

Cara menemuka inti kalimat adalah dengan cara membaca teks secara global (skimming).

Berikut contoh soalnya:
Bacalah teks iklan berikut!
Pakailah shampo X. Shampo X solusi rambut rontok Anda.

Inti teks iklan tersebut adalah...
a. Shampo X dapat menghilangkan rambut rontok.
b. Shampo X dapat menyembuhkan rambut rontok.
c. Shampo X dapat mengurangi kerontokan rambut.
d. Shampo X dapat mengobati rambut rontok.
e. Shampo X dapat meredakan rambut rontok.


E. Mengomentari pendapat yang terdapat pada teks

Komentar atau tanggapan adalah sambutan terhadap peristiwa, masalah, ucapan, pendapat, atau gagasan yang dapat berupa pernyataan setuju, tidak setuju, suka, tidak suka, atau menambahkan pendapat.

1. Menentukan tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf.

  • Tanggapan logis: tanggapan yang masuk akal dan dapat diterima nalar.
  • Tanggapan positif: tanggapan yang bersifat optimis, santun, dan tidak mencela.
  • Tanggapan negatif: bersifat pesimis dan cenderung kurang santun.

Berikut contoh soalnya:

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Pada akhir April lalu, pelajar Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) mampu meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari Olimpiade Fisika Asia VIII di Shang Hai, Cina.

Tanggapan Positif terhadap penggalan berita di atas adalah....
a. Wajarlah jika TOFI hanya meraih dua medali emas karena peserta dari negara lain lebih pandai.
b. Bagi saya, berita itu tidak menarik karena saya tidak suka pelajaran Fisika.
c. Prestasi yang diraih TOFI masih belum maksimal karena mereka tidak meraih semua medali emas.
d. Saya tidak bangga atas prestasi yang mereka raih karena jumlah medali emas yang diperoleh lebih sedikit dibandingkan perak dan perunggu.
e. Sebagai pelajar, saya turut bangga atas prestasi yang telah diraih oleh TOFI karena mampu meraih banyak medali.

Bacaalah paragraf berikut dengan saksama!
Lidah buaya telah dikenal luas memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ternyata lidah buaya juga dapat dibuat menjadi minuman (juice) segar dengan mengolahnya secara sederhana. Minuman (juice) segar lidah buaya ini bermanfaat menyembuhkan panas dalam dan sembelit.

Tanggapan logis terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
a. Jika ingin minuman segar, satu-satunya pilihan adalah juice lidah buaya karena berkhasiat.
b. Pengobatan secara herbal diyakini sebagian masyarakat lebih baik daripada pengobatan kimiawi.
c. Obat sembelit tidak laku di pasaran karena masyarakat lebih memilih mengonsumsi lidah buaya jika sembelit.
d. Lidah buaya akan menjadi tanaman langka karena banyak diburu masyarakat untuk dijadikan tanaman obat.
e. Kita tidak perlu menanam pohon lain selain lidah buaya karena tanaman lain tidak banyak manfaatnya.


2. Menentukan kalimat yang berbentuk opini/fakta dalam paragraf.


Fakta: sesuatu (keadaan atau peristiwa) yang merupakan kenyataan.
   Kunci: logis (masuk akal), objektif (apa adanya), faktual (berdasarkan kenyataan/ kebenaran)

Opini: pendapat, pemikiran, asumsi (perkiraan/ramalan), ditandai dengan penggunaan kata-kata yang bersifat subjektif, seperti sebaiknya, mungkin, barangkali, menurut pendapat saya, baik, buruk, mudah, sukar, jahat, indah, dsb.

Berikut contoh soalnya:

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Empat dari tujuh penambang ditemukan tewas di penambangan intan kampung Ujung Murung, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. (2) Korban tertimbun tanah longsor dari bibir tambang. (3) Penambangan tradisional itu runtuh setelah hujan lebat mengguyur kota Banjar Baru. (4) Kegiatan evakuasi korban yang tertimbun longsoran tanah setinggi empat meter itu perlu waktu yang sangat lama karena hanya menggunakan cangkul dan sekop. (5) Keempat korban longsor itu pada hari Jumat dimakamkan di Cempaka dan Sungai Tiung.

Kalimat yang berbentuk opini dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)


F. Menunjukkan Bukti dari Simpulan

Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Intinya, simpulan kata-katanya tidak harus sama persis dengan wacana.
Misalnya paragraf diibaratkan terdiri dari lima kalimat. Untuk menemukan simpulan dan isi paragraf tersebut, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Fokuskan perhatian kita pada kalimat terakhir (no.5), jika kalimat terakhir tersebut  mencakup keseluruhan ide pada paragraf tersebut, maka kalimat terakhir tersebut merupakan simpulan dari paragraf tersebut.
  2. Jika, pada kalimat terakhir tidak mencerminkan ide yang mencakup seluruh gagasan dari paragraf tersebut, maka pengambilan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan kata-kata kunci yang tersebar pada seluruh paragraf tersebut. Simpulan juga dapat diketahui dengan menggunakan pertanyaan, Apa yang dibicarakan di dalam paragraf tersebut.
Berikut contoh soalnya:

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Berbagai macam  industri menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar untuk menggerakan mesin-mesin pabrik. Alat-alat transportasi, baik darat, laut maupun udara juga menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakarnya. Sumber energi lain, seperti gas bumi, batubara memang merupakan sumber energi yang penting pula. Namun,baik dilihat dari segi nilai ekonomis maupun praktis, minyak bumi masih merupakan sumber energi utama di samping gas bumi maupun batu bara. Sampai sekarang, minyak bumi masih merupakan energi yang utama.

Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ….
a. satu                   d.empat
b. dua                    e. lima
c. tiga

Pembahasan:
Fokus pertama adalah pada kalimat nomor 5: Sampai sekarang, minyak bumi masih merupakan energi yang utama. Kalimat ini merupakan simpulan paragraf di atas karena seluruh kalimat membicarakan tentang minyak bumi sebagai bahan bakar energi. sementara di kalimat terakhir tampak jelas bahwa minyak bumi sebagai bahan energi utama.
Jadi, Jawabannya: E. 5


G. Meringkas Teks

Ringkasan merupakan penyajian bacaan dalam bentuk singkat tanpa mengubah urutan isi dan maksud pengarang bacaan asli.

Berikut contoh soalnya:

Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!
Olimpiade Fisika adalah perlombaan bergengsi bagi sekolah tingkat menengah seantero jagad. Kompetisi yang digagas Waldeman Gorzkowski 10 tahun silam ini mewajibkan pesertanya melakukan dan menuliskan penelitian apa saja di bidang fisika. Hasil penelitian tersebut kemudian dikirimkan dalam bahasa Inggris ke juri internasional di PolaNDIA. Para peserta juga diwajibkan mengerjakan soal-soal fisika dalam waktu yang ditentukan. Pada kompetisi “First step to Nobel Prize in Physics” , hasil riset Septinus George Saa tidak menuai satu bantahan pun dari para juri.

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah….
a. Perlombaan bergengsi bagi sekolah tingkat menengah seantero jagad hanyalah Olimpiade Fisika.
b. Kompetisi gagasan Waldeman Gorzkowski ini terkait penelitian bidang apa saja selain Fisika.
c. Olimpiade Fisika adalah lomba bergengsi yang pesertanya melakukan penelitian di bidang fisika dan mengerjakan soal dalam waktu yang ditentukan.
d. Kompetisi “First step to Nobel Prize in Physics” mewajibkan peserta mengerjakan soal fisika dengan waktu yang ditentukan.
e. Hasil riset Septinus George Saa mendapatkan bantahan dari juri internasional di Polandia. 


Itulah Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian I yang hanya membedah tentang Membaca Nonsastra. Untuk sambungan bedah kisi-kisi UN, silakan lihat di Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 dan 3 dengan klik link berikut:

* Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 : https://goo.gl/fypXcU

* Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 3 : https://goo.gl/iVprmw

* Kisi-Kisi (SKL) UN bahasa Indonesia SMK 2018 : https://goo.gl/LQ1JFb


Semoga bermanfaat. ^_^